cara mengatasi kelembaban rumah

Cara Mengatasi Kelembaban Rumah – Rumah dengan ruangan yang lembab bisa menjadi petaka bagi penghuninya. Bagaimana tidak, sebab kelembaban berlebih inilah yang akan menjadi penyebab kerusakan pada rumah. Tak hanya menyebabkan dinding basah dan berjamur, namun juga bisa menimbulkan kerusakan pada sejumlah perabotan atau benda di sekitarnya serta bisa menyebabkan kerusakan struktural rumah bila dibiarkan saja. Bahkan fatalnya lagi, ruang yang lembab ini bisa memberi ketidaknyamanan pada para penghuninya. Sebab bisa menyebabkan bau apek dan memberikan dampak buruk pada kesehatan, seperti risiko munculnya alergi hingga asma. 

Nah, biasanya kelembaban pada rumah rentan terjadi di beberapa ruangan. Di antaranya seperti kamar mandi, dapur, dan ruang bawah tanah atau basement. Lalu, bagaimana sih caranya untuk mengatasi masalah kelembaban dalam rumah seperti ini? Berikut beberapa tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. 

Tips Mengatasi Masalah Kelembaban dalam Rumah

Atasi kebocoran 

Periksalah kebocoran udara dan air di semua sudut rumah. Periksa dinding, jendela, dan pintu untuk keluar masuk angin. Lalu tutup area yang bermasalah dengan insulasi, dempul, atau semen karet. Sebagai informasi, kelembaban berlebihan di rumah bisa menyebabkan kondensasi jendela, yang akan mendorong menyebabkan kebocoran air, terutama di ruang bawah tanah. 

Cek kondisi bangunan 

Salah satu penyebab lembabnya suatu rumah adalah disebabkan adanya air yang rembes melalui dinding. Umumnya kasus ini terjadi akibat masalah struktural bangunan rumah. Seperti atap yang rusak atau dinding yang retak. 

Nah, untuk mengantisipasi hal ini, cobalah segera cek kondisi bangunan rumah Anda. Periksalah apakah ada pipa pembuangan atau talang air yang bocor. Serta periksa apakah ada retakan pada dinding luar yang menyebabkan air rembes ke dalam. 

Tutup masakan saat memasak di dapur 

Salah satu sumber ruangan yang mengakibatkan rumah menjadi lembab adalah dapur. Oleh karenanya, Anda bisa mengantisipasi penyebab kelembaban dengan cara menutup panci atau wajan saat memasak sebagai salah satu cara mengatasi kelembaban rumah. Terutama ketika merebus atau mengukus sesuatu. 

Letakkan kipas angin 

Cobalah gunakan kipas angin ataupun kipas angin plafon sebagai alat untuk melawan kelembaban. Keduanya bisa digunakan untuk meningkatkan aliran udara dan membantu mencegah kelembaban mengendap. Namun, Anda juga perlu memastikan rumah memiliki  ventilasi untuk mencegah udara pengap akibat kelembaban. Sebab penggunaan kipas angin ini, tak serta merta menurunkan kadar kelembaban itu sendiri. 

Gunakan exhaust fan 

Dapur dan kamar mandi adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang rentan mengalami kelembaban berlebih. Maka dari itu, gunakan exhaust fan di ruangan tersebut, terutama saat sedang memasak dan mandi untuk mengatasi penyebaran udara lembab di seluruh rumah. 

Pasang AC sentral 

AC sentral ternyata mampu menurunkan kelembaban udara dengan cara mengumpulkan kelembaban tersebut dalam gulungannya dan mengalirkannya di luar rumah. Alhasil membuat udara di rumah menjadi sejuk dan kering. 

Memiliki rumah yang segar dan terhindar dari risiko lembab berlebih tentunya menjadi idaman semua pemilik rumah. Sebab hunian akan tercipta menjadi lebih sehat dan ramah untuk ditinggali anak-anak. Bila Anda sedang mencari hunian dengan sirkulasi udara yang baik dan memperhatikan faktor risiko kelembaban rumah, Relife Property bisa jadi solusi atas kebutuhan Anda. Sebab kami memiliki banyak pilihan properti dengan konsep urban living dan ramah lingkungan. 

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi kelembaban rumah di beberapa ruangan yang rentan lembab secara efektif dan benar. Semoga cara mengurangi kelembaban ruangan di atas dapat membantu Anda memiliki udara yang sehat di dalam rumah, ya!

Verified by MonsterInsights